Komposisi Semen OPC & PCC

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Semen Portland Campur (SPC) atau Portland Composite Cement (PCC) berdasarkan SNI 15-7064-2004. Semen Portland Campur adalah Bahan pengikat hidrolisis hasil penggilingan bersama sama terak (clinker) semen portland dan gibs dengan satu atau lebih bahan anorganik, atau hasil pencampuran antara bubuk semen portland dengan bubuk bahan bahan anorganik lain.

 

KOMPOSISI SEMEN OPC TIPE I

  1. Clinker digunakan sebanyak ± 81 %. Clinker yang dicampur dengan Batu Kapur merupakan sumber utama oksida yang mempumyai rumus CaCO3 (Calcium Carbonat), pada umumnya tercampur MgCO3 dan MgSO4. Clinker dan Batu Kapur yang baik dalam penggunaan pembuatan semen memiliki kadar air ± 5%.
  2. Pasir silika digunakan sebanyak ± 9 % Pasir silika memiliki rumus SiO2 (silikon dioksida). Pada umumnya pasir silika terdapat bersama oksida logam lainnya, semakin murni kadar SiO2 semakin putih warna pasir silikanya, semakin berkurang kadar SiO2 semakin berwarna merah atau coklat, disamping itu semakin mudah menggumpal karena kadar airnya yang tinggi. Berfungsi untuk menaikkan kandungan SiO2 pada semen. Pasir silika yang baik untuk pembuatan semen adalah dengan kadar SiO2 ± 90%.
  3. Tanah liat (clay) digunakan sebanyak ± 9 %. Rumus kimia tanah liat yang digunakan pada produksi semen SiO2Al2O3.2H2O. Tanah liat yang baik untuk digunakan memiliki kadar air ± 20 %, kadar SiO2 tidak terlalu tinggi ± 46 %.
  4. Pasir besi digunakan sebanyak ± 1%. Pasir besi memiliki rumus kimia Fe2O3 (Ferri Oksida) yang pada umumnya selalu tercampur dengan SiO2 dan TiO2 sebagai impuritiesnya. Fe2O3 berfungsi sebagai penghantar panas dalam proses pembuatan terak semen. Kadar yang baik dalam pembuatan semen yaitu Fe2O3 ± 75% - 80%.
  5. Pada penggilingan akhir digunakan Gypsum sebanyak 3 - 5% total pembuatan semen dan berfungsi sebagai zat pelambat pengerasan.

 

KOMPOSISI SEMEN PCC

Semen Portland Campur (SPC) atau Portland Composite Cement (PCC) berdasarkan SNI 15-7064-2004. Semen Portland Campur adalah Bahan pengikat hidrolisis hasil penggilingan bersama sama terak (clinker) semen portland dan gibs dengan satu atau lebih bahan anorganik, atau hasil pencampuran antara bubuk semen portland dengan bubuk bahan bahan anorganik lain. Bahan anorganik tersebut antara lain terak tanur tinggi (blastfurnace slag), pozzoland, senyawa silika, batu kapur, dengan kadar total bahan anorganik 6 – 35 % dari massa semen portland composite.

Menurut Standard Eropa EN 197-1 Portland Composite Cement atau Semen Portland Campur dibagi menjadi 2 Type berdasarkan jumlah Aditive material aktif:

  1. Type II/A-M mengandung 6 – 20 % aditif
  2. Type II/B-M mengandung 21 – 35 % aditif

Jika pada Portland Pozzolan Cement (Semen Portland Pozzolan) aditif yang digunakan hanya 1 jenis maka pada Portland Composite Cement ini aditif yang digunakan lebih dari 1 jenis atau 2 jenis maka semen ini dapat dikelompokkan sebagai Ternary Cement.

Factory Address

Jl. Raya Bojonegara Desa Margagiri, Serang, Banten - Indonesia 42454

Customer Care

Our Location

premium wordpress themes